0
TRAINING FOR IT CAPACITY BUILDING FOR EDUCATION PERSONNELS


Training For IT Capacity Building for Education Personnels atau Pelatihan untuk Peningkatan Kapasitas IT untuk Tenaga Kependidikan ini merupakan pelatihan WEB-BLOG G Suite bagi para operator dari masing-masing Madrasah Se-Kabupeten Karawang.
Pelatihan ini dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal  Sabtu, 27 Januari 2018
Pukul               > 08.00-16.00 WIB 
Tempat            > Brits Hotel Karawang 
Pemateri         > Tim Edutech Madrasah
Materi             > Google Apps Web Blog

Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah:
  1. Meningkatkan kesadaran terhadap fungsi dan peranan TIK sebagai proses pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan TIK sehingga program pendataan lembaga berjalan efektif dan efisien.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang TIK sehingga terciptanya profesionalisme implementasi pendataan lembaga.

Dibawah ini adalah hasil rangkuman saya selaku Peserta Training For IT Capacity Building For Education Personnels atau Pelatihan untuk Peningkatan kapasitas IT untuk Tenaga Kependidikan, sebagai berikut:
  1. Sambutan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Karawang oleh Bapak H.Sopian,S.Pd.,M.Si. Beliau memaparkan mengenai salah satu program Kementrian Agama Yaitu Program "Kemenag bersodaqoh" dengan mengajak para Santri, Ustadz/ah dan ibu-ibu pengajian untuk bersodaqoh yang nantinya dikolektifkan oleh masing-masing Madrasah untuk dikirim ke rekening Kementrian Agama. Tujuan dari "Kemenag bersodaqoh" ini adalah untuk Bedah Madrasah bagi Madrasah yang perlu diperbaiki. Semua ini merupakan proses untuk menjadikan Madrasah sebagai sekolah Non-formal yang layak dan disertai dengan fasilitas yang memadai. 
  2. Pemateri ke-1 Oleh Bapak Kapi Mubarok, Fahrul Tajudin dan Bapak Ahmad Zaki. Mereka memaparkan mengenai penggunaan Gmail G Suite For Education, Google Drive, Google Classroom, cara membuat password yang baik dan cara memendekkan link dengan menggunakan S.id dan gg.gg
  3. Pemateri ke-2 Oleh Bapak Ali Hasan, Beliau menjelaskan dan melatih para peserta untuk membuat Formulir Online di Google Forms, dengan tujuan agar setiap Madrasah dapat membuat formulir onlinya sendiri.
  4. Pemateri ke-3 oleh Bapak Ade Rohman, Beliau merangkap sebagai pembawa acara dan pemateri, di materi ke-3 ini beliau menjelaskan dan mempraktekkan kepada peserta mengenai Google Spreadsheet dan cara membuat blog sebagai berikut:
  • Mendaftar Blog di Blogger.com
  • Mengundang penulis dan menjadikannya admin
  • Mengubah alamat URL Blog
     5. Pemateri ke-4 Oleh Bapak Catur Yoga M, Disini kita belajar tentang Web-Blog dan cara                                       mengedit blog kita sendiri seperti :
  • Mengubah Template (Tema) di Blog
  • Mengubah tata letak Blog
  • cara memposting atau menulis artikel di Blog
Demikian rangkuman hasil dari Training For IT Capacity Building For Education Personnels atau Pelatihan untuk Peningkatan Kapasitas IT untuk Tenaga Kependidikan yang dapat saya share kepada pembaca, saya ucapkan banyak terimakasih kepada Ketua Pelaksana, Panitia, Pemateri, Tamu Undangan dan pihak yang terkait dalam pelatihan ini, karna telah melatih dan menambah wawasan para peserta dari masing-masing Madrasah Se-Kabupaten Karawang mengenai WEB dan BLOG.




 





Next
This is the most recent post.
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

 
Top